Konsep Dasar Komunikasi Islam



Ilmu komunikasi pada dasarnya merupakan ilmu tentang mengirim pesan dan menerima pesan, baik dengan lisan,tulisan,maupun dengan anggota tubuh.
A. Konsep Dasar
a.    Komunikasi Ada Sejak Manusia Ada.
     Usia komunikasi berbanding lurus dengan usia manusia. komunikasi pertama adalah komunikasi Allah dengan Nabi Adam, Allah mengajarkan Nabi Adam mengenai nama-nama benda di dunia.
b.    Komunikasi Terkait Dengan Pandangan Islam Terhadap Manusia
Sebagai mahluk Allah memiliki ketergantunagan dengan penciptanya, dimana manusia harus mengabdi dan melaksanakan segala perintah-Nya. Sebagai makhluk sosial manusia tidak mungkin hidup menyendiri dari komunitasnya. Oleh karenanya komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia dalam bersosial.
c.    Komunikasi Kebutuhan Dasar Manusia
Kebutuhan mempertahankan hidup ini tampak ada tiga hal, yaitu sandang, pangan dan papan, dimana kebutuhan ini merupakan kebutuah perimer untuk memenuhi kenutuhan pisikologis dan biologis.
d.    Komunikasi Adalah Wujud Kasih Sayang Allah Terhadap Manusia
Seluruh kebaikan dan segala hal yang bermanfaat untuk manusia di dunia maupun akhirat masuk dalam katagori rahmat.
e. Komunikasi Bertujuan Untuk Saling Mengenal Antar Manusia Buat Mewujudkan Senangat Taqwa
Manusia diciptakan oleh Allah dengan berbagai macam latar belakang suku, bahasa, bangsa dan agama oleh karnaitu keberagaman yang berbeda ini manusia saling ta’aruf atau saling mengenal, karna keberagaman tu indah, menarik.
f.      Komunikasi Bertujuan Untuk Menebar Semangat Silm (Kedamaian dan Kenyamanan)
Dalam persepektif islam, akhir dari komunikasi adalah mengantarkan manusia untuk merasakan kehidupan yang damai dan nyaman (slim).
g.    Komunikasi Adalah Paket (Hati, Lisan dan Perbuatan)
Dalam ajaran islam pesan yang di ucapkan oleh lisan atau yang di goreskan oleh pena atau yang diisaratkan oleh anggota tubuh merupakan terjemahan dari anggota tubuh merupakan terjemahan dari keinginan hati.
h.    Efek Dunia Akhirat
Diantara sesama manusia bisa terpengaruh oleh komunikasi adalah karena komunikasi memiliki kekuatan menyihir atau memukau orang lain.
Share on Google Plus

About Abdul Khofid Nauwir

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar