Fungsi Komunikasi Islam

         Komunikasi Islam memiliki beberapa fungsi yaitu: 
a.    Fungsi Informasi
Ketika komunikasi terjadi, maka tukar menukar informasi tidak bisa dihindarkan. Informasi adalah kunci utama terjadinya perubahan sikap dan prilaku pada manusia. Dengan adanya informasi maka manusia dapat memenuhi kebutuhannya, tidak mungkin manusia bisa memenuhi kebutuhan tanpa adanya informasi.
b.   Fungsi Meyakinkan
Fungsi penting komunikasi islam adalah meyakinkan. Fungsi meyakinkan artinya membuat ide, pendapat, dan gagasan yang kita miliki bisa diterima oleh orang lain tanpa adanya paksaan. Ketika kita memiliki sebuah pendapat yang kita berikan kepada orang lain maka kita harus meyakinkan orang tersebut agar pendapat kita bisa diterima oleh mereka.
c.    Fungsi Mengingatkan
Lupa adalah sifat yang tidak bisa dipisah dari manusia. Masalah yang palinf sering dilupakan oleh manusia adalah masalah agama. Itulah sebabnya Islam menganjurkan kepada penganutnya untuk saling mengingatkan. Sedangkan mengingatkan itu bisa terjadi hanya dengan cara berkomunikasi. Ketika seseorang melakukan kesalahan maka satu-satunya cara untuk mengingatkan kesalahan mereka adalah dengan komunikasi yang ditujukan langsung kepadanya.
d.   Fungsi Memotivasi
Komunikasi merupakan cara yang ampuh untuk memotivasi orang lain. Setiap manusia pasti memerlukan motivasi dalam menjalankan kehidupannya, ketika manusia tidak memiliki motivasi untuk menjalankan kehidupan maka dia akan merasa gugup dan canggung mengerjakannya. Metode yang paling ampuh untuk menyampaikan motivasi tersebut adalah tabligh dan tabsyir.
e.    Fungsi Sosialisasi
Brsosialisasi dengan orang lain sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan kita semua dalam kehidupan, tidak mungkin akan terjadi komunikasi tanpa adanya komunikasi dan sebaliknya tidak akan pernah  terjadi komunikasi tanpa adanya sosialisasi.
f.     Fungsi Bimbingan
Komunikasi memiliki fungsi untuk membimbing, bimbingan bisa terjadi dengan melakukan percakapan pribadi, dialog langsung, dan tatap muka dengan orang yang dibimbing.
g.    Fungsi Kepuasan Spiritual
Manusia memiliki dua unsur kebutuhan yaitu kebutuhan tubuh seperti, makan, minim, berpakaian dan tempat tinggal. Adapun kebutuhan roh adalah berkomunikasi dengan Sang Pencipta untuk ketenangan hatinya.
h.   Fungsi Hiburan
Ada dua sisi dalam hidup ini yang tidak bisa dipisah dengan kehidupan manusia, yaitu senang dan sedih. Komunikasi berfungsi sebagai alat untuk menjadikan manusia tentram, komunikasi juga menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk mendapatkan kesenangan dalam hidup mereka.

Share on Google Plus

About Abdul Khofid Nauwir

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar