Pengertian, Ruang Lingkup Dan Manfaat Mempelajari Ilmu Komunikasi Islam



Namun sebelum kita mengetahui denifisi komunikasi islam maka terlebih dahulu kita ketahui denifisi komunikasi secara umum.
1.    Denifisi Komunikasi Secara Umum
Istilah komunikasi berasal dari bahasa inggris comunication di antara komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi di antara individu melalui sistem lambag-lambag, tanda-tanda atau tingkah laku. Komunikasi juga diartikan sebagai cara untuk menyalurkan ide-ide dengan pihak lain, baik dengan berbincang-bincang,berpidato,menulis,maupun melakukan respondensi.
Definisi Komunikasi juga adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja, yang tidak terbatas dalam bentuk, komunikasi menggunakan bahasa verbal,tetapi juga dalam ekspresi muka, lukisan dan seni teknologi.
2.    Denifisi Islam
Komunikasi islam dibangun atas prinsip-prinsip islam yang memiliki roh kedamayan, keramahan,dan keselamatan.
Kata islam dalam buku al-Ta’rifat karya al-jurjani yang di artikan sebagai kerendahan dan ketundukan terhadap apa yang dikabarkan oleh Rasulullah SAW. Dan menurut beliau islam mengacu pada makna bahasa. Abdul Karim Zaidan dalam Ushul al-Dakwah mengatakan bahwa bayak sekali denifisi tentang islam yang di antaranya menurut beliau adalah:
1.    Islam adalah bersahadat, bahwa tiada tuhan selain Allah nabi Muhammad adalah utusan Allah, dan melaksanakan rukun islam.
2.    Islam adalah kerendahan,penyerahan diri dan ketundukan lepada Rabbul Alamin, yang tidak di dasari unsur keter paksaan melainkan keihlasan.
3.    Islam adalah sistem umum dan peraturan lengkap tentang urusan kehidupan serta panduan dalam meniti kehidupan serta sekuwensi penerima atau penolak terhadap ajaran Nabi Muhammad ASW dari Allah SWT.
4.    Islam adalah kumpulan seluruh nilai yang Allah berikan untuk nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada seluruh manusia, baik hukum,akidah,ahlak, muamalat serta berita-berita yang disebutkkan dalam Al-qur’an.
5.    Islam adalah jawaban yang tepat untuk menjawab tiga pertanyaan perinsip yang selalu muncul spanjang masa dalam diri manusia, pertanyaaan pertama : dari mana kita berasal ? islam menjawab bahwa manusia di ciptakan oleh allah yang menciptakan manusia dari dua perpaduan yaitu jasad dan ruh, jasad kita diciptakan dari tanah dan sari pati tanah serta roh berasal dari Allah SWT.
6.    Islam adalah roh yang sebenarnya bagi manusia, cahaya dalam meneliti jalan dan dan obat segala penyakit, dan jalan yang lurus yang akan memberikan keselamatan bagi penggunya.

3.    Makna Komunikasi Islam
Komunikasi yang dibangun di atas prinsip-prinsip Islam yangmemiliki roh kedamaian, keramahan, dan keselamatan.

              4.      Ruang Lingkup Kajian Komunikasi Islam
Objek komunikasi islam terdiri dari tiga paket kajian yaitu : komunikasi manusia dengan Allah, komunikasi dengan dirinya sendiri, dan komunikasi dengan yang lainnya, dan komunikasi ini merupakan warisan universal. Dimana tiga bentuk komunikasi tersebut tergambar dalam atsar dari Wahab bin Munabbih yang diriwayatkan Imam Ahmad bin Hambal berikut ini:
Dari wahab bin muhibbin, beliau berkata: tertulis dalam hikmah daud ‘’sangat pantas bagi orang yang berakal untuk tidak lalai pada emmpat waktu siang nya, dmana waktu untuk bermunajat kepada Tuhanya, waktu untuk mengevaluasi dirinya,waktu untuk berkumpul dengan teman-teman yag bisa memberikan nasihat dan menunjukkan kekurangannya dan waktu santai yang halal dan baik.

5.    Manfaat Mempelajari Komunikasi Islam
Sebagai salah satu sisi dalam kehidupan manusia, aktivitas komunikasi itu dikatakan akademisi sebagai sebagai aktivitas vital dalam kehidupannya sehari-hari. Komunikasi juga digambarkan dengan dua kata kembar yang tidapat di pisahkan satu sama lain, tanpa komunikasi tidak mungkin masyarakat terbentuk, sebalikknya tanpa masyarakat maka manusia tidak mungkin dapat mengembagkan komunikasi. Karna pentingnya komunikasi tersebut, islam mengusung prinsip ‘’kafah’’ atau konprensif dalam ajaran nya dan tidak membiarkan umat yang meyakininya berkomunikasi tanpa panduan.
Ilmu komunikasi islam bertujuan untuk membimbing kaum muslimin secara kusus dan mengajak manusia agar mampu membangun komunikasi kepada Allah SWT.
Share on Google Plus

About Abdul Khofid Nauwir

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar