Sumber Ilmu Komunikasi Islam



Komunikasi Islam sebagai ilmu juga memiliki sumber utama yang sagat potensial untuk digali yaitu dari Al-Qur’an dan As-sunnah.
1.    Al-qur’an
Dalam surah al-isra’ (17) : 9) yang artinya :
“sesungguhnya al-qur’an ini memberikan petunjuk kejalan yang lebih lurus dan memberi kabar yang gembira, kepada orang-orang yang mukmin yang mengerjakan amal yang soleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar “
Dalam surah  al-hujarat ayat (49) : 13).  Allah juga menyatakan bahwa di antara tujuan keberadaan manusia di muka bumi ini adalah untuk saling berkomunikasi dengan seluruh manusia tanpa membedakan suku, dan ras.
Selain itu al-qur’an juga memiliki fungsi :
a.    Al-Qur’an sebagai Huda (Petunjuk)
b.    Al-Qur’an sebagai Furqan (Pembeda)
c.    Al-Qur’an sebagai Syifa’ (Obat)
d.   Al-Qur’an sebagai Rahmat (Dalam Bentuk Kasih Sayang Allah).
Oleh sebab itu Al-Qur’an sagat berperan penting dalam ilmu komunikasi islam ini karena pada awal nya Al-Qur’an juga menjadi pedoman ummat islam.
2.    As-sunnah
Fungsi as-sunnah :
As-sunnah disini berperan sebagai tafsir Al-Qur’an, yang mengugkap rahasia yang dikandungnya dan menjelaskan kehendak Allah SWT. dalam perintah-perintah-Nya dan larangan-larangan-Nya.
Mengapa sedemikian ? karena ada beberapa  ayat-ayat Al-Qur’an yang sulit di pahami maksudnya.
Rasulullah SAW. Bersabda yang artinya
“Aku telah tinggalkan untuk kalian dua perkara, apabila kalian berpengang teguh dengan keduanya, kalian tidak akan sesat: (kitabullah dan As-Sunnah Nabi-Nya.” (HR. Imam Malik)
3.    Kitab Para Ulama
Fungsi kitab ulama :
Sebagai ilmu pengetahuan islam, secara umum tentang ahklaq dan adab secara khusus.
4.    Ilmu Komunikasi
Fungsi ilmu komunikasi :
Sebagai  fokus masalah pada komunikasi antar manusia secara umum. Islam adalah agama yang menerima segala bentuk ilmu pengetahuan, maka Ilmu Komunikasi yang telah ada menjadi acuan dan sumber bagi Ilmu Komunikasi Islam.
Share on Google Plus

About Abdul Khofid Nauwir

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar